PERANGKAT
PEMBELAJARAN
IPS KELAS VIII
SEMESTER GANJIL
DISUSUN
OLEH:
REZKI
DESMITA
NIM: 231
411 091
SMP NEGERI
5 GORONTALO
2014/ 2015
RENCANAAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SMP Negeri 5 Gorontalo
Mata
Pelajaran : IPS
Tema
1 : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub-sub
tema : 2. Keunggulan Lokasi terhadap Kagiatan Transportasi
Kelas/Semester : VIII D/ I
Pertemuan : 8
Alokasi
Waktu : 2 x 40
Menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang
ilmu penegtahuan, teknoligi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam rana konkret (mengguanakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.
Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong,
santun, percaya diri, dalam bertoleransi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik)
·
Mendeskripsikan
perkembangan alat transportasi di Indonesia.
·
Menjelaskan
pengaruh keunggulan lokasi transportasi darat.
·
Mendeskripsikan
pengaruh adanya transportasi terhadap aktivitas ekonomi.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai, siswa mampu:
1.
Menjelaskan
jenis-jenis transportasi di Indonesia
2.
Menjelaskan
pengaruh keunggulan lokasi terhadap transportasi jalur darat.
3.
Menjelaskan cara
menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi.
D.
MATERI
1.
Pengaruh
keunggulan lokasi terhadap transportasi darat.
2.
Cara menjaga
keamanan dan kenyamanan transportasi.
E.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode : Pembelajaran Kooperatif
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Media : Gambar Alat-alat
transportasi Darat,
Alat dan
Bahan : Spidol, papan tulis,
LKS, dan penghapus
Sumber
Belajar : Buku guru dan buku
IPS yang relevan.
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Membuka pelajaran
dengan mngucapkan salam dan berdoa bersama (menghayati ajaran agama islam).
·
Mengecek
kerapian siswa dan kehadiran siswa.
·
Apresepsi :
menanyakan mata pelajaran yang telah didapat sebelumnya dan mengaitkannya
dengan materi yang akan diajarkan.
·
Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
·
Peserta didik
dibagi menjadi 8 kelompok.
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
Gambar-gambar alat transportasi darat, laut dan
udara.
2.
Menanya
Peserta didik mendiskudikan dalam kelompok untuk
menjawab pertanyaan dari hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan
tersebut.
·
Perwakilan
kelompok menuliskan hasil diskusi pada LKS
·
Persentasi
dilakukan oleh ketua kelompok, melalui cabulot kelompok yang akan persentasi.
3.
Mengumpulkan informasi
·
Peserta
menjawab pertanyaan yang terdapat pada LKS:
1.
Tulislah
pendapatmu tentang gambar diatas!
2.
Alat
transportasi apa sajakah yang terdapat di daerahmu dan lebih dominan?
3.
Mengapa
alat transportasi tersebut lebih dominan ada di daerahmu?
·
Membahas
tentang sarana pendukung pada transportasi darat.
4.
Mengasosiasi/ Menalar
1.
Peserta
didik mengolah informasi dan menganalisis data/ informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan.
2.
Peserta
didik mendiskusikan didalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban
atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
5.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik di dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban
atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
·
Kelompok
lain diminta untuk member tanggapan dan saran dari hasil jawaban atas
pertanyaan yang telah dirumuskan.
·
Guru
memberikan penilaian berdasarkan hasil pengamatan dengan menggunakan lembar
penilaian.
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik diajak
membuat kesimpulan
·
Guru menyampaikan pesan moral akan pentingnya alat
transportasi dalam kehidupan manusia.
·
Member
tugas untul membaca materi tentang transportasi jalur laut.
|
10
menit
|
I.
Penilaian
Tugas
Individu
Tugas
Kelompok
II.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Pengamatan
|
Skor Max
|
Nilai Akhir
|
|||||
Kerja sama
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Menghargai
|
Skor perolehan
|
|||||
1.
|
ADRIAN ABUNIO
|
||||||||
2.
|
ADRIAN THOHA
POGALI
|
||||||||
3.
|
ALDI IBRAHIM
|
||||||||
4.
|
ALDI PUTRA
MAHMUD
|
||||||||
5
|
ANGKI TASMIN
|
||||||||
6.
|
ARIEF AHMAD
|
||||||||
7.
|
ILHAM HASAN
|
||||||||
8.
|
INDRA
PRASETIO MALIKI
|
||||||||
9.
|
LUKMAN
ZULFANTRI DUNGGIO
|
||||||||
10.
|
MASKRIS
ISMAIL RASID
|
||||||||
11
|
MOH. ADRIAN
Y. DUANIMO
|
||||||||
12.
|
MOH. RINALDI
YUNUF
|
||||||||
13.
|
MOH. RIZKI
DZALALI
|
||||||||
14.
|
MOH. RIZKY
ISMAIL
|
||||||||
15.
|
RAHMAN S.
ABDUL
|
||||||||
16.
|
RAMDAN AZIS
|
||||||||
17.
|
RANDIKA PUTRA
ALI
|
||||||||
18
|
REYNALDI
FAHMI SUPIT
|
||||||||
19.
|
SYAHRIL
ISNANTO UMAR
|
||||||||
20.
|
YAYUB HUSAIN
|
||||||||
21.
|
YUSUF DJAFAR
|
||||||||
22.
|
ADELIA
PRANSISKA AKASO
|
||||||||
23.
|
AGUSTIN
MAHMUD
|
||||||||
24.
|
ANISA A.
SULEMAN
|
||||||||
25.
|
ANISA KASIM
|
||||||||
26.
|
DESTIANI
AHMAD
|
||||||||
27.
|
DESYA
SALILAMA
|
||||||||
28.
|
FAHRIA
ILMAWATI KAHARU
|
||||||||
29.
|
FATMA RAHMOLA
|
||||||||
30.
|
FEBIOLA
GUBALI
|
||||||||
31.
|
KARMILA
RADJAK
|
||||||||
32.
|
LIYA ISA
|
||||||||
33.
|
NADIYA UMAR
|
||||||||
34.
|
OKTAVIANY
TRUNOJOYO
|
||||||||
35.
|
RATNA ADAM
|
||||||||
36.
|
SITI ROZIAN
DATU
|
||||||||
37.
|
SITI SUSANTI
LABATJO
|
||||||||
38.
|
SRI WAHYUNI
LASENA
|
||||||||
39.
|
STEVANY LAUDE
|
||||||||
40.
|
YULIARTY
LASENA
|
||||||||
41.
|
NURLELA
LANATI
|
·
Skor dan Kriteria
1. Kriteria skor 1 =
Tidak pernah
2
= kadang-kadang
3
= sering
Mengetahui,
Gorontalo, 24 Desember 2013
Guru Pamong, Mahasiswa,
Misna Palowa, S.Pd Rezki Desmita
Nip. 196307092006042004 Nim : 231 411 091