Minggu, 18 Maret 2012

Perkembangan Kerajaan Dinasti Mogul


Babur, pendiri dinasti Moghul di India, merupakan salah satu penakluk sejarah lebih menawan. Di masa mudanya ia adalah salah satu pangeran yang miskin banyak, semua keturunan dari Timur , yang berperang di antara mereka sendiri karena memiliki beberapa bagian kecil dari kerajaan terfragmentasi orang besar itu. Babur bahkan menangkap Samarkand itu sendiri pada tiga kesempatan terpisah, masing-masing hanya beberapa bulan. Pertama kali dia mencapai ini ia hanya empat belas.

Apa yang membedakan Babur dari pangeran berkelahi lainnya adalah bahwa ia adalah oberver ingin hidup dan terus buku harian. Di dalamnya dia jelas menggambarkan kemenangan dan duka, baik naik dengan teman-teman di malam hari untuk menyerang sebuah desa berdinding atau melamun sekitar untuk cinta tak berbalas dari seorang anak yang indah.

'Kali throneless' itu Babur, karena ia kemudian menggambarkan tahun-tahun awal, berakhir pada 1504 ketika ia menangkap Kabul. Di sini, pada usia dua puluh satu, ia mampu membentuk pengadilan menetap dan menikmati kesenangan berkebun, seni dan arsitektur dalam tradisi Timurid keluarganya.

Dengan dinasti Persia kuat baru di sebelah barat (di bawah
Ismail I) dan kehadiran Uzbekistan agresif ke arah utara (di bawah Shaibani Khan), Babur Kabul menjadi pusat hidup utama dari tradisi Timurid . Tapi tekanan-tekanan yang sama berarti bahwa satu-satunya kesempatan adalah memperluas ke arah timur - ke India.

Babur merasa bahwa ia memiliki klaim atas warisan India utara, yang berasal dari Timur yang menangkap Delhi di 1398, dan dia membuat serangan menguntungkan beberapa melalui gunung sampai ke Punjab. Tapi ekspedisi serius pertamanya diluncurkan pada bulan Oktober 1525.

Beberapa puluh tahun kemudian (tapi tidak lebih cepat dari itu) jelas bahwa keturunan Babur adalah sebuah dinasti baru dan mapan di India utara. Babur menganggap dirinya sebagai orang Turki, tetapi dia adalah keturunan dari
Jenghis Khan maupun dari Timur. Bangsa Persia menyebut dinasti Mughal sebagai, makna Mongol. Dan sebagai kaisar Moghul di India bahwa mereka menjadi dikenal sejarah.

Babur di India: AD 1526-1530
Pada awal abad 16 sultan-sultan muslim Delhi (sebuah dinasti Afghanistan dikenal sebagai Lodi) yang lebih lemah karena ancaman dari pemerintah-pemberontak Muslim dan dari koalisi Hindu Rajput penguasa. Ketika Babur memimpin pasukan melalui gunung lewat, dari kubu di Kabul , ia pada awalnya bertemu oposisi kecil di dataran India utara.

Pertempuran yang menentukan terhadap Ibrahim, sultan Lodi, datang di dataran Panipat pada bulan April 1526. Babur ini sangat kalah jumlah (dengan 25.000 pasukan mungkin di bidang terhadap 100.000 pria dan 1000 gajah), tetapi taktik menang.

Babur menggali ke dalam posisi siap, disalin (katanya) dari Turki - dari mana penggunaan senjata telah menyebar ke Persia dan sekarang untuk Babur. Sampai sekarang orang India Delhi tidak memiliki artileri atau senapan. Babur memiliki hanya sedikit, tapi dia menggunakan mereka untuk keuntungan besar. Dia mengumpulkan 700 gerobak untuk membentuk barikade (perangkat dipelopori oleh Hussites Bohemia abad sebelumnya).

Sheltered di belakang gerobak, penembak Babur dapat pergi melalui bisnis melelahkan menembak mereka
matchlocks - tetapi hanya pada musuh pengisian posisi mereka. Dibutuhkan Babur beberapa hari untuk menggoda orang Indian ke dalam melakukan hal ini. Ketika mereka melakukannya, mereka menyerah untuk memperlambat tembakan dari depan dan hujan panah dari kavaleri Babur pengisian pada sisi masing-masing.

Kemenangan di Panipat membawa Babur kota-kota Delhi dan Agra, dengan jarahan banyak harta dan permata. Tapi ia menghadapi tantangan kuat dari konfederasi Rajput yang sendiri berada di ambang menyerang Ibrahim Lodi.

Tentara bertemu di Khanua Maret 1527 dan sekali lagi, menggunakan taktik serupa, Babur menang. Selama tiga tahun ke depan Babur menjelajah main dengan pasukannya, memperluas wilayahnya untuk mencakup sebagian besar India utara - dan semua rekaman sementara di buku hariannya daya tarik dengan dunia eksotis yang telah ditaklukkan.

Humayun: AD 1530-1556
Kontrol Babur masih dangkal ketika ia meninggal pada tahun 1530, setelah hanya tiga tahun di India. Humayun anaknya terus memegang tentatif pada harta baru keluarga. Tapi pada 1543 ia didorong barat ke Afghanistan oleh pemberontak Muslim kuat, Sher Shah.

Dua belas tahun kemudian, perang saudara baru di India Humayun memberikan kesempatan untuk menyelinap kembali hampir tanpa perlawanan. Salah satu kemenangan, di Sirhind pada tahun 1555, sudah cukup untuk memulihkan tahtanya. Tapi enam bulan kemudian Humayun terbunuh dalam sebuah terjatuh menuruni tangga batu. 13-tahun anaknya Akbar, mewarisi pada tahun 1556, tampaknya memiliki sedikit kesempatan untuk berpegangan pada India. Namun dialah yang menetapkan kerajaan Moghul perkasa.

Akbar: AD 1556-1605
Dalam tahun-tahun awal pemerintahan Akbar, warisan rapuh nya terampil diselenggarakan bersama oleh menteri utama mampu, Bairam Khan. Tapi dari 1561 kaisar 19-tahun sangat banyak pria sendiri. Tindakan awal menunjukkan bahwa dia bermaksud untuk memerintah kedua komunitas agama dari India, Muslim dan Hindu, dengan cara yang baru - dengan konsensus dan kerjasama, daripada alienasi dari mayoritas Hindu.

Pada 1562 ia menikahi seorang
Rajput putri, putri Raja dari Amber (sekarang Jaipur). Dia menjadi salah satu istri seniornya dan ibu dari ahli warisnya, Jahangir. Hubungan laki-lakinya di Amber bergabung dewan Akbar dan menggabungkan tentara-tentara mereka dengan-Nya.

Kebijakan ini sangat jauh dari permusuhan Muslim konvensional untuk penyembah berhala . Dan Akbar membawa lebih jauh, ke tingkat yang mempengaruhi setiap Hindu. Pada tahun 1563 ia menghapuskan pajak dipungut dari jemaah kuil Hindu. Pada 1564 ia menempatkan mengakhiri sumber yang jauh lebih suci dari pendapatan - yang jizyah, atau pajak tahunan orang-orang kafir yang Al Qur'an menyatakan akan dipungut sebagai imbalan atas perlindungan Muslim.

Pada saat yang sama Akbar terus memperluas batas-batas wilayah yang telah diwariskan.

Cara biasa Akbar hidup adalah untuk bergerak dengan tentara besar, memegang pengadilan di kamp indah ditata seperti kota modal tetapi seluruhnya terdiri dari tenda. Penulis biografinya, Abul Fazl, menggambarkan kemajuan kerajaan sebagai 'karena alasan politik, dan untuk menundukkan penindas, di bawah selubung terlibat dalam berburu'.

Banyak berburu tidak terjadi (versi favorit menggunakan cheetah terlatih untuk mengejar rusa) sedangkan tujuan politik yang mendasari - peperangan, perjanjian, pernikahan - yang dijalankan.

Perang membawa jarahan sendiri. Menandatangani perjanjian dengan Akbar, atau menyajikan istri untuk harem nya (koleksi akhirnya berjumlah sekitar 300 - lihat Harem ), melibatkan kontribusi terhadap kas negara. Seiring dengan peningkatan alamnya, begitu juga pendapatan nya. Dan Akbar membuktikan dirinya sebagai seorang adminstrator terinspirasi.

Jumlah kekaisaran yang semakin berkembang propinsi diatur oleh pejabat yang ditunjuk hanya untuk masa jabatan terbatas, sehingga menghindari munculnya panglima perang regional. Dan langkah-langkah untuk memastikan bahwa pajak pada petani bervariasi dengan keadaan setempat, bukan proporsi yang tetap dari produk mereka yang secara otomatis dikenakan.

Pada akhir masa pemerintahan Akbar hampir setengah abad, kerajaan lebih besar daripada di India sejak zaman Asoka . Batas luar nya adalah Kandahar di barat, Kashmir di utara, Bengal di timur dan di selatan garis di seluruh benua itu pada tingkat Aurangabad. Namun ini penguasa yang mencapai begitu banyak yang buta huruf. Sebuah sekolah menganggur, Akbar menemukan di kemudian hari tidak perlu untuk membaca. Dia lebih memilih untuk mendengarkan argumen sebelum mengambil keputusannya (mungkin faktor dalam keahliannya sebagai seorang pemimpin).

Akbar adalah asli, unik, yang disengaja. Karakter kompleks Nya jelas disarankan dalam istana aneh yang ia membangun, dan segera meninggalkan, di
Fatehpur Sikri .

Fatehpur Sikri: AD 1571-1585
Pada tahun 1571 Akbar memutuskan untuk membangun istana yang baru dan kota di Sikri, dekat dengan tempat suci dari sufi suci yang telah terkesan oleh meramalkan kelahiran tiga putra. Ketika anak laki-laki dua telah sepatutnya muncul, tukang batu Akbar mulai bekerja pada apa yang disebut Fatehpur ('Kemenangan') Sikri. Seorang anak ketiga lahir di 1572.

Istana Akbar, biasanya, tidak seperti orang lain. Ia menyerupai sebuah kota kecil, terdiri dari halaman dan eksotis yang berdiri bebas bangunan. Mereka dibangun dalam gaya Hindu linier, bukan kurva lembut Islam. Balok dan ambang dan bahkan lantai kayu dipotong dari batu pasir merah dan berukir, sebanyak jika bahan dari kayu ek dan bukan batu.

Istana dan masjid menempati puncak bukit, sementara sebuah kota berkembang luas di bawah ini. Situs ini hanya digunakan untuk beberapa empat belas tahun, sebagian karena Akbar telah mengabaikan masalah pasokan air. Namun di sinilah kepentingannya banyak dan beragam diberikan ekspresi praktis.

Berikut Akbar mempekerjakan penerjemah untuk mengubah klasik Hindu ke dalam bahasa Persia, ahli-ahli Taurat untuk menghasilkan sebuah perpustakaan naskah indah, seniman untuk menggambarkan mereka (kaisar buta huruf suka dibacakan kepada dan mengambil minat dalam lukisan). Di sini ada sebuah departemen sejarah di bawah Abul Fazl; pesanan dikirim keluar bahwa siapa pun dengan pengetahuan pribadi dari Babur dan Humayun adalah untuk diwawancarai sehingga informasi yang berharga tidak hilang.

Bangunan yang paling khas dari Akbar di Fatehpur Sikri adalah terkenal diwan-i-Khas, atau aula audiensi pribadi. Ini terdiri dari ruangan yang sangat tinggi tunggal, dilengkapi hanya dengan satu tiang. Bagian atas pilar, di mana Akbar duduk, bergabung dengan empat jembatan sempit untuk balkon menjalankan putaran dinding. Di balkon adalah adanya audiensi dengan Kaisar.

Jika diperlukan, seseorang dapat menyeberangi salah satu jembatan - dalam posisi berjongkok dengan hormat - untuk bergabung Akbar di tengah. Sementara itu, di lantai bawah, istana tidak terlibat dalam diskusi dapat mendengarkan tak terlihat.

Dalam diwan-i-Khas Akbar terutama berkaitan dengan urusan negara. Untuk memenuhi kepentingan pribadi lain, dalam perbandingan agama, ia membangun khusus ibabat-khana ('rumah ibadah'). Di sini ia mendengarkan argumen antara Muslim, Hindu, Jain, Zorastrians, Yahudi dan Kristen. Keganasan yang mereka semua saling serang meminta dia untuk merancang sebuah agama umum sendiri (di mana aura tertentu keilahian menular ke dirinya sendiri).

Orang-orang Kristen terlibat dalam perdebatan tiga
Yesuit yang tiba dari Goa pada tahun 1580. Sebagai orang Eropa pertama di istana Moghul, mereka adalah pertanda untuk masa depan.

Jahangir: AD 1605-1627
Akbar yang berhasil di tahun 1605 oleh anak tertua dan hanya bertahan putra, Jahangir. Dua anak lainnya telah meninggal karena minum, dan efektivitas Jahangir sebagai penguasa dibatasi oleh kecanduan sendiri untuk kedua alkohol dan opium. Tapi kekaisaran sekarang stabil cukup baginya untuk memimpin selama dua puluh dua tahun tanpa bahaya banyak pergolakan.

Sebaliknya ia mampu memanjakan rasa ingin tahu tentang dunia alam (yang ia mencatat dalam buku harian sejelas yang dari kakek buyut nya
Babur ) dan kecintaannya pada seni lukis. Di bawah mata yang tajam nya studio kekaisaran membawa miniatur Moghul ke puncak kesempurnaan, juga dipelihara pada masa pemerintahan putranya, Shah Jahan.

Moghul miniatur: 16 - abad ke-17
Ketika Humayun memenangkan perjalanan kembali ke India, pada tahun 1555, ia membawa bersamanya dua Persia seniman dari sekolah Bihzad . Humayun dan Akbar muda mengambil pelajaran menggambar. Seniman India Profesional belajar juga dari para empu Persia.

Dari perpaduan antara tradisi ada muncul sekolah Moghul yang sangat khas dari lukisan. Bertubuh penuh dan realistis dibandingkan dengan sekolah Persia lebih fantastis dan dekoratif, itu berkembang dalam lokakarya yang menetapkan Akbar di 1570-an di
Fatehpur Sikri .

Akbar menempatkan seniman untuk bekerja menggambarkan manuskrip yang ditulis oleh ahli-ahli Taurat untuk perpustakaan. Kerja baru dibawa ke kaisar pada akhir setiap minggu. Dia membuat kritik, dan mendistribusikan penghargaan kepada mereka yang bertemu dengan persetujuannya.

Adegan rinci adalah apa Akbar suka, menunjukkan perayaan pengadilan, kebun yang ditata, cheetah dirilis untuk berburu, benteng yang menyerbu dan pertempuran tanpa akhir. Gambar yang dihasilkan adalah harta karun detail sejarah. Tapi seperti lukisan mereka sedikit sibuk.

Jahangir putra Akbar mengambil minat khusus dalam lukisan, dan persyaratan-nya berbeda dari ayahnya. Dia lebih cenderung ingin gambaran akurat tentang burung yang tertangkap kegemarannya, atau potret politik menampilkan dirinya dengan penguasa saingan. Dalam kedua kasus gambar membutuhkan kejelasan dan keyakinan serta realisme rinci halus.

Para seniman naik luar biasa untuk tantangan ini. Dalam
Jahangir pemerintahan itu, dan bahwa putranya Shah Jahan , kaisar Moghul di studio menghasilkan karya keindahan yang luar biasa. Dalam waktu Shah Jahan bahkan adegan cerita yang padat, sehingga populer dengan Akbar, yang dihuni oleh karakter halus yang diamati dan meyakinkan.

Shah Jahan dan Aurangzeb: AD 1627-1707
Selama masa pemerintahan Shah Jahan dan Aurangzeb anaknya, kebijakan toleransi agama diperkenalkan oleh Akbar secara bertahap ditinggalkan. Sebagian besar telah diikuti oleh ayah Shah Jahan, Jahangir - meskipun di awal pemerintahannya ia memberikan Sikh dengan martir pertama mereka ketika guru Arjan ditangkap, pada 1606, dan mati di bawah penyiksaan.

Pada tahun 1632 Shah Jahan sinyal pengembalian mendadak ke interpretasi yang lebih ketat dari Islam ketika ia memerintahkan bahwa semua Hindu yang baru dibangun candi akan dihancurkan. Sebuah negara tradisi Muslim yang kafir mungkin menjaga kuil yang mereka miliki ketika Islam datang, tetapi tidak menambah jumlah mereka.

Langsung provokasi semacam ini adalah untypical Shah Jahan, tetapi menjadi kebijakan standar pada masa pemerintahan Aurangzeb anaknya. Tekadnya untuk memaksakan aturan Islam yang ketat di India Membatalkan banyak dari apa yang dicapai oleh Akbar. Serangan terhadap Rajput wilayah pada tahun 1679 membuat musuh-musuh raja Hindu, yang reimposition dari jizyah pada tahun yang sama memastikan kebencian di antara pedagang Hindu dan petani.

Pada saat yang sama Aurangzeb terobsesi dengan memperluas kekuasaan Moghul ke daerah sulit dari India selatan. Dia meninggalkan kekaisaran yang lebih besar tapi lebih lemah daripada dia menemukannya. Pada tahun delapan puluhan ia masih terlibat dalam perang permanen dan sia-sia untuk menahan apa yang telah disita.

Dalam dekade setelah kematian Aurangzeb , pada tahun 1707, fragmen kerajaan Moghul ke berbagai wilayah semi-independen - disita oleh pejabat lokal atau pemilik tanah yang menjadi keturunan raja-raja dan nawabs kali lebih baru. Kaisar Moghul terus memerintah dalam nama selama abad lebih, tetapi prestise mereka adalah hampa.

Kekuasaan yang sesungguhnya telah menurun secara bertahap dan tak kentara sepanjang abad ke-17, sejak hari ekspansif
kerajaan Akbar . Namun itu adalah pada abad ke 17 bahwa berita tentang, kemegahan kecemerlangan kekayaan, arsitektur dan kekerasan dinasti dinasti Moghul pertama mengesankan seluruh dunia.

Eropa menjadi kehadiran yang signifikan di India untuk pertama kalinya selama abad ke-17. Mereka mengambil deskripsi rumah kekayaan luar biasa penguasa, menyebabkan dia menjadi dikenal sebagai Moghul Besar. Mereka memiliki kisah menyentuh untuk menceritakan cinta Shah Jahan bagi istri dan bangunan luar biasa, Taj Mahal , yang menyediakan untuk makamnya.

Dan sebagai pemerintahan Shah Jahan menyatu ke dalam itu Aurangzeb, mereka dapat mencengangkan pendengar mereka dengan melodrama oriental dari jenis yang lebih sering dikaitkan dengan
Turki , menceritakan bagaimana Aurangzeb membunuh dua saudaranya dan memenjarakan ayah penuaan nya, Shah Jahan, di Benteng Merah di Agra - dengan Taj Mahal dalam pandangannya di Jumna, dari paviliun marmer dari penjara kastilnya.

Moghul kubah: AD 1564-1674
Para lukisan ditugaskan oleh kaisar Moghul yang luar biasa, tetapi arsitektur mereka yang paling heran dunia - dan khususnya kubah marmer putih karakteristik masa pemerintahan Shah Jahan.

Ada sebuah tradisi panjang kubah Muslim besar di Asia Tengah, akan sejauh kembali sebagai makam di
Bukhara di abad ke-10. Tapi Moghuls mengembangkan gaya yang sangat mereka sendiri - memungkinkan kubah bangkit dari bangunan dalam kurva pembengkakan yang entah bagaimana menyiratkan ringan, terutama bila bahan kubah adalah marmer putih.

Kubah pertama dari jenis ini surmounts makam Humayun di Delhi, dibangun antara 1564 dan 1573. Gaya ini kemudian diabaikan untuk sementara waktu - tidak diragukan lagi karena preferensi Akbar untuk arsitektur Hindu, seperti di Fatehpur Sikri - sampai Shah Jahan, pembangun terbesar dinasti, mengembangkannya pada abad 17 dengan kekuatan dan kecanggihan.

Percobaan pertama di baris ini juga masterpiece-nya - sebuah bangunan yang telah menjadi yang paling terkenal di dunia, karena keindahan dan untuk cerita romantis di balik penciptaannya.

Sepanjang awal karirnya, banyak yang menghabiskan memberontak melawan ayahnya, Shah Jahan mendukung terbesar telah istrinya, Mumtaz Mahal. Tapi empat tahun setelah ia berhasil naik tahta ini rekan dicintai banyak meninggal, pada tahun 1631, melahirkan anak keempat belas mereka. Taj Mahal, makamnya di Agra, adalah ekspresi kesedihan Shah Jahan. Romantis seperti itu jarang di antara raja (yang Eleanor Persilangan datang ke pikiran dengan yang lain), dan tentunya tidak ada yang pernah dicapai tujuan peringatan yang begitu cemerlang.

Tidak ada arsitek terkenal dengan Taj. Tampaknya kemungkinan bahwa Shah Jahan sendiri mengambil peran utama dalam mengarahkan tukang batu nya - terutama karena banyak bangunan lain nya berkembang dalam gaya terkait.

Taj Mahal dibangun antara 1632 dan 1643. Pada tahun 1644 kaisar mengutus para Masjid Jumat yang luas bagi kota barunya di Delhi. Pada 1646 ia mulai Masjid Pearl lebih intim di Benteng Merah di Agra. Sementara itu ia membangun Benteng Merah baru di Delhi, dengan paviliun marmer putih untuk penginapan sendiri atas besar dinding batu pasir merah. Pada Fatehpur Sikri ia memberikan sebuah kuil baru untuk sufi kepada siapa kakeknya, Akbar , begitu setia.

Semua bangunan ini mengandung variasi pada tema kubah putih dan melengkung halus, meskipun tidak bisa menyaingi contoh pertama besar Shah Jahan di Taj.

Aurangzeb, anak Shah Jahan, tidak mewarisi bunga bergairah ayahnya dalam arsitektur. Namun ia mengutus dua bangunan mengagumkan dalam tradisi yang sama. Salah satunya adalah Masjid Badshahi di Lahore, mulai tahun 1673, bahkan lebih besar dari ayahnya Masjid Jumat di Delhi, itu saingan dalam keindahan kubah nya. Yang lainnya, dimulai pada 1662, pergi ke ekstrem yang lain; Masjid Pearl kecil di Benteng Merah di Delhi, dimulai pada 1662 untuk ibadah pribadi Aurangzeb, adalah keajaiban kecil dari marmer putih.

Hal ini menyoroti marmer ini yang menangkap mata. Tetapi Benteng Merah mengandung dua Masjid Pearl sendiri adalah contoh luar biasa dari abad ke-17
kastil .

Para Moghuls setelah Aurangzeb: AD abad ke-18
Ketika kaisar Moghul Aurangzeb di tahun delapan puluhan, dan kekaisaran berantakan, yang tinggal di India Italia (Niccolao Manucci) Prediksi pertumpahan darah yang mengerikan tentang kematian orang tua itu, lebih buruk dari itu bahkan yang cacat itu awal pemerintahan Aurangzeb . Pelatih asal Italia itu benar. Dalam perang suksesi yang dimulai pada tahun 1707, dua putra Aurangzeb dan tiga cucu-cucunya tewas.

Kekerasan dan gangguan adalah pola masa depan. Enam kaisar Moghul telah memerintah selama rentang waktu hampir 200 tahun. Dalam 58 tahun setelah kematian Aurangzeb, ada delapan kaisar - empat di antaranya dibunuh dan satu terguling.

Ini tingkat kekacauan memiliki efek buruk pada kerajaan dibangun oleh Akbar . Stabilitas Moghul India tergantung pada loyalitas dari mereka memerintah banyak daerah nya. Beberapa dikelola atas nama kaisar oleh gubernur, yang merupakan anggota dari hirarki militer. Lainnya diperintah oleh keluarga kerajaan, yang melalui perjanjian atau pernikahan telah menjadi sekutu kaisar.

Dalam penguasa abad ke-18 dari tiap jenis terus mengaku kesetiaan kepada kaisar Moghul di Delhi, tetapi dalam prakteknya mereka berperilaku dengan kemerdekaan meningkat. Fragmen kerajaan ke kerajaan-kerajaan kecil yang keberadaannya akan sangat membantu
Inggris di India untuk mendapatkan kontrol, dengan memainkan tetangga saingan off melawan satu sama lain.

Dalam jangka pendek, meskipun, ada bahaya yang lebih cepat. Selama 1730s sebuah penakluk dalam cetakan klasik Jenghis Khan atau Timur muncul di Persia. Ia merebut takhta Persia tahun 1736, dengan judul Shah Nadir .

Kemudian tahun itu ia menangkap kubu Kandahar. Benteng besar berikutnya di sebelah timur rute, yaitu
Kabul , masih dalam tangan Moghul - sebuah harta kesayangan sejak zaman Babur. Nadir Shah membawanya pada 1738, memberinya kekuasaan di kota itu sampai ke Khyber Pass. Di luar Khyber terletak kekayaan luar biasa di India. Seperti Genghis Khan di 1221, dan Timur pada 1398, Nadir Shah pindah.

Pada Desember 1738 Nadir Shah melintasi Indus di Attock. Dua bulan kemudian ia mengalahkan tentara kaisar Moghul, Muhammad Shah. Pada Maret ia memasuki Delhi. Penakluk memiliki kontrol setrika di atas pasukannya dan awalnya kota ini tenang. Hal ini dipecah ketika argumen antara warga dan beberapa tentara Persia meningkat menjadi kerusuhan di mana 900 Persia dibunuh. Bahkan sekarang Nadir Shah melarang pembalasan sampai ia telah memeriksa tempat kejadian. Tapi ketika dia naik melalui kota, batu yang dilemparkan ke arahnya. Seseorang kebakaran sebuah senapan yang membunuh seorang perwira yang dekat dengan Syah.

Dalam pembalasan ia memerintahkan pembantaian. Pembunuhan itu berlangsung selama sehari. Jumlah kematian lebih dari 30.000.

Hebatnya, ketika kaisar Moghul memohon rahmat bagi umat-Nya, penakluk Persia mampu mengabulkannya. Pembunuhan itu berhenti, untuk pengumpulan barang berharga Delhi untuk memulai.

Kekayaan yang tak terhitung perjalanan barat dengan Persia. Jarahan ini mencakup dua harta yang paling spektakuler dari kaisar Moghul - Tahta Merak, ditugaskan oleh Shah Jahan, dan berlian Koh-i-Nur. Nadir Shah mampu mengirim rumah Keputusan dari Delhi timbul semua pajak di Persia selama tiga tahun. Selain perhiasan dan emas, ia mengambil dengan dia 1000 gajah, 100 tukang batu dan tukang kayu 200. Sejajar dengan kunjungan
Timur , 341 tahun sebelumnya, hampir persis.

sEropa di kekaisaran fragmenting: AD 1746-1760
Serangan oleh Nadir Shah adalah bencana tunggal terbesar telah menyerang kerajaan Moghul, tetapi ancaman jangka panjang lebih serius segera menjadi jelas. Pada 1746 perang terbuka pecah antara negara-negara Eropa di daratan India, ketika kekuatan Perancis merebut Madras dari Inggris.

Di selatan, di mana Aurangzeb menghabiskan nya
tahun terakhir mencoba untuk memaksakan kontrol kekaisaran, Perancis dan tentara Inggris sekarang berbaris satu sama lain dalam pergeseran aliansi dengan penguasa lokal. India memulai peran baru sebagai tempat yang penting bagi kekuatan Eropa, dan khususnya ke Inggris. Pembangunan bukan pertanda baik bagi para kaisar Moghul di Delhi.

Baik Perancis dan India Timur Inggris Perusahaan, untuk memajukan kepentingan komersial mereka, menawarkan dukungan militer dalam perjuangan dinasti dalam negara bagian India yang kuat. Membantu kandidat untuk tahta membuka wilayah baru pengaruh, pasar baru.

Kematian pada tahun 1748 dari raja muda Moghul di Hyderabad diikuti dengan bantuan Prancis dan bahasa Inggris untuk anak saingan penguasa mati. Segera kedua negara Eropa juga berjuang di sisi berlawanan dalam perang suksesi di Carnatic (pesisir jalur utara dan selatan Madras).

Kandidat Perancis berhasil di Hyderabad, dan favorit Inggris berlaku di Carnatic tersebut. Tapi acara yang paling mencolok dalam kampanye baik adalah intervensi dramatis oleh Robert Clive pada 1751. Dengan 200 tentara Inggris di India dan 300 ia merebut Arcot (ibukota Carnatic) dan memegang itu melalui pengepungan tujuh minggu.

Tindakan-Nya, dan kekalahan berikutnya tentang kekuatan Prancis dan India dalam pertempuran, memenangkan tahta bagi kandidatnya. Ia juga memiliki efek mengurangi prestise di mata India tentara Perancis. Sampai saat ini Perancis telah memiliki lebih baik dari Inggris di India (terutama dalam menangkap mereka
Madras tahun 1746).

Prancis dan Inggris tetap saingan di selatan India untuk sisa abad ini. Hal ini di utara bahwa keseimbangan perubahan signifikan dalam mendukung Inggris, setelah bencana 1756. Pada tahun itu nawab Benggala, Siraj-ud-Daulah, menguasai penyelesaian Inggris di Calcutta dan mengunci beberapa tawanan nya semalam di ruang benteng. Rincian tepat apa yang terjadi malam itu tidak jelas, tapi acara tersebut menjadi dikenal ke Inggris sebagai Black Hole Calcutta .

Untuk memulihkan Calcutta, Clive berlayar dari Madras utara pada Oktober 1756. Benteng ini kembali di tangan Inggris pada Januari 1757. Tapi Clive sekarang memutuskan untuk campur tangan lebih jauh dalam politik Bengal.

Ia bertujuan untuk menempatkan seorang nawab lebih compliant, Mir Jafar, di atas takhta Benggala, dan ia mencapai tujuannya setelah mengalahkan Siraj-ud-Daulah di Plassey pada bulan Juni 1757. Selama tiga tahun ke depan Clive hampir menguasai provinsi kaya Benggala, menggunakan Mir Jafar sebagai boneka politiknya. Dengan demikian dia menetapkan pola dimana kontrol Inggris secara bertahap akan menyebar melalui India, di tambal sulam aliansi terpisah dengan penguasa lokal.

Pada 1760 kembali ke Inggris Clive, pemilik kekayaan besar dan cepat diperoleh. Di sini juga ia menetapkan pola, kali ini salah satu yang salah lagi buruk. Dia adalah yang pertama dari 'nabobs', yang kekayaan berasal dari spekulasi dan suap sementara administrasi urusan India. 

 Peta Letak Kerajaan Mogul di India





 
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar